Bahan, Alat dan Perlengkapan Yang Harus Dibawa / Dipersiapkan Oleh Guru Peserta PLPG Sertifikasi Guru

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Alhamdulillah hari ini saya sudah kembali bisa pulang berjumpa dengan keluarga setelah kurang lebih 11 hari pergi belajar dalam rangkaian program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru di tahun 2017 ini. Ada beberapa persiapan penting selama mengikuti PLPG bagi Rekan-rekan guru yang akan berangkat pada angkatan berikutnya.

Sebagaimana dalam Buku 2 yakni Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru di LPTK Rayon dan Subrayon telah dijelaskan bahwasannya PLPG merupakan pola sertifikasi dalam bentuk pelatihan yang diselenggarakan oleh LPTK Rayon dan Subrayon untuk memfasilitasi terpenuhinya standar kompetensi guru. Untuk tahun 2017, beban belajar PLPG sebanyak 100 jam pelajaran selama 11 hari yang mencakup presentasi laporan hasil pembekalan, pendalaman materi, workshop, praktik mengajar/bimbingan (peer teaching/peer counseling/peer guidance), dan diakhiri dengan ujian akhir PLPG. Laporan hasil pembekalan dipresentasikan oleh setiap peserta untuk mengetahui penguasaan awal peserta terhadap materi sumber belajar pedagogik dan bidang studi. Pendalaman materi dilaksanakan dengan pembelajaran/bimbingan aktif (active learning). Workshop dilaksanakan untuk mengembangkan dan mengemas perangkat pembelajaran. Praktek mengajar dilaksanakan melalui peer teaching/peer counseling/peer guidance. Ujian akhir PLPG meliputi uji tulis LPTK dan uji kinerja. Peserta yang lulus dalam ujian akhir PLPG dapat mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG)/Uji Tulis Nasional (UTN).

Lalu apa saja bahan penting ataupun hal-hal penting yang harus Anda persiapkan dan dibawa pada saat Anda mengikuti PLPG nanti, sebagai berikut:

1.   Cetak surat panggilan resmi atau surat undangan dari LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan) tempat di mana Anda akan mengikuti PLPG, contoh cek untuk LPTK di UNP pada tautan http://sertifikasi-guru.unp.ac.id, di Universitas Jambi pada tautan http://sergu.unja.ac.id/.
2.   Photocopy KTP, Ijazah terakhir (legalisir dari Fakultas Perguruan Tinggi asal), Pas photo 3 x 4 sebanyak 6 lembar dan 4 x 6 sebanyak 2 lembar saja cukup.
3.   Fotokopi SK terakhir sebanyak 1 lembar yang telah dilegalisir Kepala Sekolah.
4.   Surat Tugas mengikuti PLPG dari kepala sekolah.
5.   Dokumen pendukung Kurikulum 2013 (Permendikbud terkait kurikulum 2013, Buku Guru dan Buku Siswa, contoh RPP, LKPD, instrumen evaluasi, dan sumber bacaan/referensi lainnya yang relevan dengan bidang keilmuan sertifikasi yang diikuti)
6.   Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Klinik/Puskesmas/Rumah Sakit.
7.   Surat Undangan peserta PLPG dari LPTK di mana Anda akan diikutkan dalam PLPG.
8.   Laporan Akhir Pembekalan Awal (Prakondisi) sesuai format terlampir dalam bentuk cetak (hardcopy) minimal sebanyak 2 rangkap yang akan dipresentasikan saat masuk PLPG. Laporan pembekalan akhir pembekalan ini dijilid dan dibuat berdasarkan format yang sudah ditentukan oleh LPTK masing-masing.
9.   Laptop, penguasaan dalam membuat presentasi sederhana menggunakan power point, mengoperasikan microsoft word, dan beberapa keahlian dalam penguasaan media yang satu ini akan mempermudah Anda dalam setiap sesi kegiatannya.
10. Printer untuk mempermudah Anda mencetak / print out berbagai keperluan tugas belajar Anda di sana nanti.
11. LCD Proyektor, setidaknya dalam 1 (satu) kelompok mentoring yang terdiri dari 10 (sepuluh) orang guru ada minimal 1 buah LCD Proyektor yang akan digunakan untuk presentasi laporan akhir maupun untuk presentasi media pembelajaran saat peer teaching nantinya.
12. Modem untuk akses internet ataupun handphone yang tersedia hotspot untuk online, biasanya ini diperlukan saat Anda mencari sumber belajar dalam mempersiapkan peer teaching.
13. Pakaian yang cukup untuk digunakan selama 11 hari.
14. Belajar yang serius selama kegiatan menjadi kunci kesuksesan Anda dalam kegiatan PLPG.
15. Persiapkan untuk mengikuti UTL (Ujian Tulis Lokal) di tempat PLPG berlangsung pada akhir PLPG, jika gagal pada kesempatan pertama ada kesempatan mengulang sampai dengan 2 (dua) kali.
16. Setelah Anda dinyatakan lulus dari PLPG, maka pada akhir kegiatan Anda akan mengikuti Ujian Tulis Nasional (UTN) di LPTK setempat atau yang ditunjuk.
17. Pengumuman nilai UTN menunggu informasi berikutnya.

Demikian beberapa persiapan yang harus Rekan-rekan penuhi untuk mengikuti PLPG agar berjalan dengan lancar nantinya. Dan pastikan baca dengan teliti dalam surat panggilan / surat undangan beserta lampirannya dari LPTK di mana Anda akan mengikuti PLPG nanti, jangan sampai sudah tiba di tempat LPTK ada sesuatu yang tertinggal. Semoga sukses PLPG-nya Bapak/Ibu Guru semua. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel